Curug Bibijilan, wisata air terjun yang cukup menjanjikan

Laporan : Badri/Shandi

Sukabumi, metropuncaknews.com – Setiap daerah mempunyai potensi yang berbeda. Baik secara adat, kultur, budaya, alam dan lain sebagainya.

Satu diantaranya adalah alam yang telah memberi lebih untuk kehidupan manusia. Tinggal bagaimana kita bisa memanfaatkan dan mengolahnya, untuk bisa dijadikan sumber penghidupan.

Ditemukan salah satu pemberian alam yang menyuguhkan pesona wisata alam (air terjun) di Desa Sukamaju, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi.

Disana terdapat empat curug (air terjun,red). Yakni Curug Bibijilan. Adapun empat curug lainnya adalah curug Dadali, Malang, Golek dan Curug Panutup.

Sehingga tak heran, banyak pengunjung yang datang dari dalam dan luar desa, untuk sekedar melepas kepenaan setelah disibukan oleh aktivitas sehari-harinya.

Tebing yang tinggi, air yang jernih serta pohon-pohon rindang yang menjadikannya sejuk, sanggup membayar semua kelelahan selama perjalanan menuju curug Bibijilan. Demikian pula suasana didalamnya, bisa dijadikan tempat untuk beristirahat ditengah alam.

Wana wisata alam yang di kelola oleh Karang Taruna Desa Sukamaju Kecamatan Nyalindung Sukabumi, dibawah kepemimpinan Aa Suganda (kepala desa) ini, mampu memberikan peluang usaha untuk masyarakat setempat. Beruntung dengan cepat, sigap dan tepat Pemerintahan Des Sukamaju menjadikannya sebagai Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) untuk menambah pendapatan daerah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun awak media setelah berkunjung ke lokasi, membenarkan keadaan alam tersebut. Suguhan alam yang menakjubkan, mampu membayar lelahnya selama perjalanan yang melelahkan.

Satu diantara sekian banyak pengunjung, Dik-dik (32) asal Warungkondang Cianjur, mengaku puas setelah berkunjung ke Curug Bibijilan.

” Kalau terus-terusan bekerja saya bisa stres memikirkan pekerjaan, apalagi kalau hasil jual keringat kita, tidak sesuai dengan upahnya, wajar dong sekali-kali liburan bareng temen,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, upaya yang dilakukan oleh pemerintah Desa Sukamaju, Nyalindung Sukabumi itu sangat bagus. Dalam artian jika kita mau memanfaatkan ruang sekitar kita, asalkan kita ulet dan rajin menekuninya, yakin akan membuahkan hasil yang bagus.

Terakhir, seandainya ada penambahan modal dari pemerintah daerah maupun pusat melalui dinas terkait, mungkin wana wisata alam curug Bibijilan itu bisa dijadikan aset daerah yang menjanjikan.

Hal senada juga dikatakan Ahmad teman kerja Dik-dik. Menurut dia, banyak ditemukan air terjun-air terjun diwilayah pegunungan yang memberikan pesona keindahan alam. Namun sangat disayangkan keberadaan lokasi wisata tersebut kurang dimanfaatkan untuk dijadikan aset daerah. “ Adapun pengelola dari warga setempat hasilnya kurang maksimal karena faktor modalnya yang tidak ada,” kata Ahmad.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here