Pjs Kades Jatisari, Agus Saepudin

Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Adalah Agus Saepudin (48), seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kecamatan Bojongpicung Kabupaten Cianjur. Dia dinilai telah cukup makan asam garam dalam bidang pemerintahan. Termasuk dalam hal mengelola dan memanajemen roda pemerintahan desa.

Karena itu, ia dipercaya atasannya untuk menjabat sebagai Pejabat Sementasa (Pjs) Kepala Desa. Ada pun jabatan kepala desa yang pernah ia duduki adalah Desa Jati dan kini menjabat sebagai Pjs Desa Jatisari Kecamatan Bojongpicung.

Nyaris, setiap jabatan kepala desa yang kosong, Agus selalu ditugaskan atasannya untuk mengisi kekosongan jabatn kades tersebut. Maka tak berlebihan kiranya, jika teman sejawatnya ada yang mengatakan Agus adalah spesialis Pjs Kades.

Dari pengalaman itu, Agus mampu memimpin, melayani masyakat dengan baik, benar, tegas, luwes, bermasyarakat dan bijaksana. Hingga menjadi Pjs Kepala Desa Jatisari, itu diminta alias dilamar masyarakat melalui pengurus  dan aggota BPD Jatisari, kepada Camat Bojongpicung.

Beberapa hari setelah dilantik menjadi Pjs Kepala Desa Jatisari, Agus dihadapkan dengan berbagai permasalahan yang terjadi ditengah masyarakat. Diantaranya terjadi kebakaran rumah, terjadinya bencana alam pergeseran tanah dan permasalahan lainnya. 

Namun berkat pengalamannya, Agus langsung turun tangan bersma, Babinmas, Babinsa, BPD, LPM, Karangtaruna, RT/RW dan para tokoh masyarakat, mengatasi berbagai permasalahan tersebut. Meski hal tersebut harus diselesaikan dari mulai pagi hari smapi malam hari. Namun semua itu ia jalani dengan niat ibadah. Hal itu menandakan kepeduliannya dalam melayani masyarakat dengan cepat, terampil, baik dan benar. 

Tidak cukup sampai disitu, penerapan Dana Desa (DD) tahun anggaran tahap II, diterapkan sesuai dengan peruntukannya. Yakni dibangunkan pada pembangunan lapang Bola Volly, Tembok Penyangga Tanah (TPT) pinggiran jalan lingkungam dan pada pembangunan Posyandu. 

Sedangkan DD tahap III, diterpakan pada pembangunan cor beton jalan degan mengunakan cor beton redimix yang sesuai dengan kehendak masyarakat banyak.

“ Warga berharap, Agus akan mampu melaksanakan tugas pelayanan terhadap masyarakat Desa Jatisari sampai selesai pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) mendatang,” ucap Anwar Saleh yang akrab disapa Iyep. 

Sementara itu, Pjs Kepala Desa Jatisari, Agus Saepudin saat dihubungi mengatakan, ditugaskan menjadi Pjs Kepala Desa Jatisari, itu bukan kehendaknya. Melainkan suatu pekerjaan yang ditugaskan pimpinan pada dirinya yang harus dilaksanakan dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab.

Sebagai seorang abdi negara dan abdi masyarakat, Agus bertekad untuk menjalankan tugasnya sesuai dengan aturan yang berlaku. Sekemampuannya berdasarkan pengalaman dan wawasan yang telah dimilikinya. Untuk itu, Agus segera menjalin kemitraan dan kerjasama dengan pihak BPD, LPM, PKK, Karanga Taruna, RT/RW  dan tokoh masyarakat setempat. 

” Apa artinya saya tanpa adanya kerjasama dengan seluruh elemen masyarakat, karena saya bekerja untuk berkarya dan melayani masyarakat dengan baik,” jelas Agus Saepudin.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here