Laporan : Sam

Cianjur, mettopuncaknews.com – Ade Suherman (49), warga Kampung Pasir Jengkol, RT03/RW02, Desa Nanggalamekar, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur. Sejak usia SD, sudah buka kios jualan koran di emper toko pengkolan Ciranjang hingga sekarang.

Namun dari era digital seperti sekarang, omset penjualan korannya menuntun drastis, karena dari hari kehari pembelinya semakin berkurang, paling tiap harinya hanya laku 5-10 eksemplar koran dari berbagai jenis nama koran.
Untuk memenuhi kebutuhan keluarganya, Ade Suherman terpaksa menjadi tukang parkir motor di depan kios korannya, Selasa (11/01/2022).

Ketika ditanya awak media, Ade Suherman menerangkan, berjualan koran di kios depan toko pengkolan Ciranjang itu, mulanya ikut sama orang tuanya sejak 40 tahun yang lalu, namun saat itu jualan koran menjadi tumpuan hidup Keluarga. “Laba dari jualan koran bisa untuk menghidupi keluarga mulai dari makan sehari hari hingga untuk biaya sekolah,”.

Namun belakangan ini, mulai sejak tahun 2015 hingga sekarang, utamanya pada era digital jualan koran menurun drastis, pelanggan menghilang dan pasokan koran dari loper mulai langka hingga pendapatanpun otomatis menurun tajam, jangankan untuk biaya sekolah kang, untuk makan sehari-hari juga masih kekurangan.

Maka dengan adanya itu, pihaknya berinisiatif ikut mendaftar menjadi tukang parkir motor yang diparkir di pinggir jalan, di depan kios koran miliknya, itupun tidak tiap hari melainkan dua hari sekali, karena giliran dengan tukang pakir lainnya.

Tak tanggung nahas, pihaknya mengaku tergolong keluarga kurang beruntung, namun sayang tidak pernah mendapatkan bantuan sosial, kecuali hanya bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan program sosial lainnya tak mendapatkannya termasuk program kesehatan tak mendapatkannya.

“Saya tak memiliki Bansos BLT, BST kecuali Bansos PKH yang sebentar lagi akan hilang karena anaknya sebentar lagi dewasa dan Bansos kesehatan sejak dulu tak memilikinya,” Ucap Ade Suherman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here