Poto bersama jajaran pengurus Abpednas Cianjur dengan pengurus tingkat desa dan Kecamatan Cikalong Kulon

Laporan : Sam AS

Cianjur, metropuncaknews.com – Pengurus Anak Cabang (PAC) Asosiasi Badan Musyawarah Desa (Abpedas) tingkat kecamatan yang ada di Kabupaten Cianjut, terlah terbentuk dan telah dikukuhkan kepengurusannya. Selanjutnya, jajaran Pengurus DPC Abpednas Cianjur, tak menyia-nyiakan waktu langsung melaksanakan pembinaan, Bimtek dan silaturahmi ke seluruh BPD di setiap desa dan kecamatan yang ada di Kabupaten Cianjur.

Seperti halnya pada Sabtu (26/09), Pengurus DPC Ablednas Cianjur, melakukan kunjungan pembinaan dan silaturahmi ke seluruh BPD di Kecamatan Cikalongkulon. Acara tersebut dipusatkan di aula Desa Cigunung Herang. Tentu saja perjalanan dari Cianjur Kota menuju Desa Cigunung Herang cukup makan waktu panjang dan menegangkan serta melelahkan.

Pasalnya, bukan hanya jarak tempuh yang jauh, melainkan  kondisi jalan yang kurang memungkinkan, rusak berat, turun naik dan banyaknya tikungan. Tapi hal itu tidak mengurangi semangat juang jajaran pengurus Ablednas terus melakuannya pembinaan, silatuhmi ke BPD dengan penuh semangat.

Ketua Abpednas Kabupaten Cianjur, Rini Pujiastuti yang akrab disapa Umi menjelaskan, setelah selesai dibentuk dan dikukuhkannya pengurus PAC Abpednas kecamatan, pihaknya langsung melaksanakan pembinaan, bintek tentang kinerja BPD yang sesuai dengan tupoksinya.

Karena sampai saat ini masih banyak pengurus BPD yang kurang memahami cara melaksanakan kerja yang sesuai dengan tupoksinya. Kadang hanya mengikuti alur kinerja kepala desa yang dipandu pihak pendamping desa. “ Padahal tugas BPD menyerap hasil masukan dari seluruh warganya disetiap desa yang sekaligus menyelamatkan Undang-Undang dan aturan yang disahkan Negara,” ungkap Umi.

Umi menegaskan, pihaknya akan terus melakukan pembinaan dan silaturahmi dengan pengurus ditingkat desa dan kecamatan. Jalan rusak seperti menuju Desa Cigunung Herang, Kecamatan Cikalongkulon, itu bukannya rintangan dan menjadi keluhan serta alasan, tapi itu dijadikan motivasi kerja.

Malahan nantinya akan dijadikan masukan, berupa laporan pada Pemkab Cianjur. Supaya jalan rusak tersebut menjadi prioritas untuk diperbaiki. Semoga saja seluruh BPD dan pemerintahan desa yang ada di Kecamatan Cikalongkulon akan lebih memahami lagi tugas fungsinya kinerja BPD yang notabene memiliki wadah Abpednas.

“ Hingga mampu mendorong melaksanakan berbagai pembagunan di setiap desanya masing massing,” tuur Umi pada awak media.

Sementara itu, Ketua BPD Cigunung Herang, Kang Bajang menambahkan, dengan kedatangan rombongan pengurus DPC Abpednas Cianjur, pihaknya mengapresiasi dan menyambutnya dengan penuh semangat. Karena secara tidak langsung seluruh BPD akan menerima materi pembinaan secara gamlang.

Namun pihaknya merasa khawatir dan mohon maaf, karena perjalanan menuju Desa Cigunung Herang, kondisi jalannya rusak berat. Utamnya ruas jalan yang berlokasi di Desa Cirama Girang sejauh kurang lebih 5 Km masih beralaskan tanah merah, hingga sulit dilalui kendaraan apalagi pada musim hujan.

Tapi ruas jalan yang di Desa Cigunung Herang sejauh kurang lebih 7 Km sudah dicor beton. Sisanya paling hanya 1,5 Km lagi. Maka dengan adanya itu diharapkan pada Pemkab Cianjur, dapat segera membangun jalan untuk warga Desa Cigunung Herang. “ Supaya hasil bumi dari dua desa tersebut bisa dijual lebih cepat dan mampu meningkatkan kesejahtraan seluruh warga Desa Cigunung Herang dan Desa Cirama Girang,” pungkasnya,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here