Ketua Abpednas Kab. Cianjur Runi Pujiastuti, mmberikan baju seragam pada anggota Abpednas Kec. Ciranjang

Laporan : Sam AS

Cianjur, metropuncaknews.com – Untuk meningkatkan kapasitas kinerja BPD di setiap desa yang ada di Kecamatan Ciranjang, Pengurus PAC Abpednas Kecamatan Ciranjang,  mengelar Worsshop peningkatan kapasitas kinerja BPD. Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula Kantor Kecamatan Ciranjang, Cianjur, Kamis (11/10).

Workhop tersebut, dihadiri Kasi Pemdes DPMD Kabupaten Cianjur,  Ketua beserta jajaran pengurus DPC Abpednas Kabupaten Cianjur,  sekaligus menjadi Narasumber, Muspika, MUI Kecamatan Ciranjang, seluruh pengurus dan anggota BPD se Kecamatan Ciranjang sebagai peserta Workshop.

Ketua DPD Abpednas Kabupayen Cianjur Rini Pujiastuti menjelaskan, beberapa bulan lalu setelah selesai melaksanakan pembentukan pengurus DPC Abpednas di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Cianjur, sekarang diteruskan dengan agenda pembekalan, Workshop peningkatan kapasitas Pengurus dan anggota BPD disetiap desa yang ada disetiap kecamatan.

Seperti sekarang itu, mengelar workshop peningakatan kapasitas para pengurus dan angota BPD dari 9 desa yang ada di Kecamatan Ciranjang. Diharapkan, seluruh pengurus dan anggota  BPD akan mampu melaksanakan kinerja dengan baik dan benar yang sesuai dengan tupoksinya.

Hingga akan mampu meningkatkan pelayanan terhadap masyarakt dan mensejahtraan seluruh masyarakat yang ada di setiap lingkungan desanya masing-masing. Selain itu juga diharapkan akan mampu mengambil posisi BPD sebagai mitra kerja Kepala Desa, supaya tidak terjadi miskomunikasi dalam menjalankan aturan pemerintahan desa.

Selanjutnya Rini mengucapkan terima kasih pada Kasi Pemdes DPMD Kabupaten Cianjur, Muspika, MUI, pengurus jajaran DPC Abpednas Kecamatan Ciranjang yang telah mampu ikut serta melaksanakan Wirkshop peningakatan kapasitas kinerja BPD.

Sementara itu, Sekcam Ciranjang Epi Rusmana menambahkan, workshop peningkatan kapasitas BPD, itu sangat penting. Karena masih ada angoota BPD yang belum paham cara melaksanakan tugas sesuai tupoksinya, kadang terserah kepala desa.

Padahal BPD merukan perwakilan dari masyarakat yang aspirasinya ditampung dan dituangkan dalam program pembangunan. Baik pembanguna inftastruktur maupun pembangunan kapasitas masyarakat desa,  melalui PKK, MUI desa atau turun langsung ke setiap majlis talim dan masjid jamie.

“ Maka dengan dilaksanakannya workshop tersebut, diharapkan seluruh BPD yang ada di Kecamatan Ciranjang mampu melaksanakan tugasnya dengan baik dan benar serta  mampu menjalan program pembangunan yang telah disepakati bersma melalui RPJMDes dan RABDes,” Ucap Epi.

Dilain pihak, Sekretaris Abpednas Kecamatan Ciranjang, Rudi  S mengatakan, pengurus dan anggota BPD yang ada sekarang itu, BPD priode 2014-2018. Artinya, masa baktinya akan berakhir. Selanjutnya akan dilaksanakan pemilihan BPD secara serentak. Sekarang diikutsertakan dulu workshop kapasitas kinerja, karena masih ada waktu mengerjakan program kerja beberapa bulan lagi.

“ Setelah terbentuk pengurus dan anggota BPD yang baru maka pengurus Abpednas akan melaksanakn lagi Workshop kapasitas kinerja BPD yang baru dilantik nanti pada awal tahun 2019 mendatang, semoga saja Workshop kaoasitas kinerja BPD yang akan datang lebih lancar lagi,” kata Rudi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here