Apgan 81

Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Alumni Pendidikan Guru Agama Negeri 1981 (APGAN 81) Cianjur, pekan lalu kembali menggelar acara Silaturahmi, Halal bilhalal dan Temu Kangen ke 5. Acara tersebut digelar di Taman Cibodas Cipanas Cianjur.

Anggota Apgan 81 yang datang saat itu sebanyak 83 orang. Mereka yang hadir bukan hanya dari Kabupaten Cianjur saja. Tapi ada juga yang dari luar Cianjur. Seperti diantaranya dari Kabupaten/Kota Sukabumi, Subang, Kabupaten/Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Jakarta dan dari Kota Tangerang. 

Acara tersebut, diawali dengan tausiah yang dibawakan dua orang anggota Apgan 81. Yaitu yaitu Ustadz Asep Saepulloh, dengan tema eratkan tali silaturahmi jangan sampai putus. Sedangkan Ustadzah Hj. Tuti Haryani mengambil tema memperbaiki bencana Akhlaq dikalangan siswa SD. 

Setelah itu, diteruskan dengan acara hiburan. Yaitu tukar kado, lomba joged dan berbagai hiburan lainnya. Acara diakhiri dengan musapahah dengan seluruh Apgan 81. 

Ketua Panitia pelaksana kegiatan, Yayan Suryana yang akrab disapa Abah Yayan menjelaskan, pertemuan silaturahmi Apgan 81, secara keseluruhan itu diwajibkan hanya setahun sekali. Sekarang merupakan pertemuan yang ke 5 kalinya. 

Sedangkan anggota Apgan 81 yang ada di Kabupaten Cianjur, sudah secara rutin berkumpul satu bulan satu kali. Ada pun tempat pertemuannya ditempat yang berbeda. Inti pertemuan tersebut, tiada lain untuk mengeratkan tali silaturahmi, berbagi pengalaman, wawasan dan pengetahuan.

Selanjutnya Bah Yayan mengatakan, kedepannya Apgan 81 yang memikiki visi dan misi yang jelas, akan melangkah pada bidang sosial. Seperti menyantuni anak yatim, jompo juga dhuafa dan akan melaksanakan kegiatan sosial lainnya,” ucap Abah Yayan. 

Semen tara itu, salah seorang anggota Apgan 81, Dedeh Siti Marliah menambahlan, acara silaturahmi dan temu kangen, itu merupakan pertemuan yang sangat istimewa. Karena sejak keluar sekolah pada 1981, sebahagian teman baru ketemu sekarang. Kurang lebih sekitar 38 tahun tidak bertemu. Bahkan ada yang sama sekali belum bertemu hingga kini. 

Karena itu, acara yang digelar Apgan 81 benar-benar membuat gembira semua anggota Apgan. Karena disini tidak melihat pangkat dan jabatan. Melainkan saling sapa seperti saat masih duduk di bangku sekolah tempo dulu. 

“ Tidak hanya itu saja, banyak teman lama yang sering mampir ke rumah malah malah bisa nginep bersama keluarganya, hal itu menandakan bahwa  silaturahmi tidak putus, tetap terikat dan hubungan baik juga benar terjaga,” tutur Dedeh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here