8 Desa di Kecamatan Cibeber Terendam Banjir, di Salah Satu Desa Terjadi Longsor

0
81

Laporan: iriyanto

Editor : YH

Cianjur, metropuncaknews.com – Beberapa Kampung di 8 Desa Kertamukti Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur, Selasa (06/09/22), terendam banjir setinggi paha orang dewasa dan ada pula perkampungan yang terjadi longsor serta terjadi pergeseran tanah.

Terjadinya banjir itu, akibat hujan yang cukup deras dan lama, hingga air sungai Cikondang meluap sampai ke permukiman warga yang ada di 8 desa dan di salah satu desa terjadi pergeseran tanah.

Camat Cibeber H. Epi Rusmana menerangkan, terjadinya banjir dan longsor itu diakibatkan turunnya curah hujan yang cukup besar juga lama itu terjadi pada Selasa (06/09/22), sekitar pukul 20.00 WIB.

Hujan tersebut mengakibatkan aliran sungai Cikondang, irigasi sekunder dan saluran irigasi lainnya meluap ke permukiman warga, hingga mengakibatkan banjir di setiap Kampung yang ada di Desa Cihaur, Cikondang, Cipetir, Cisalak, Cibaregbeg, Cibokor, Sukamanah, Girimulya dan di perkampungan Desa Cibadak terjadi longsor, di Desa Cibokor terjadi banjir dan pergeseran tanah.

Semua kejadian telah dilaporkan pada Pemkab Cianjur, diantaranya kepada BPDB, Dinsos, Dinas Pertanian, PUPR dan pada dinas instansi terkait lainnya, untuk sementara kejadian banjir, longsor dan pergeseran tanah tidak mengakibatkan korban jiwa, hanya mengakibatkan kerugian material saja dengan nominal belum tercantum karena masih dalam pendataan dari setiap wilayah yang ada di 9 Desa.

Selain itu, diharapkan pada warga yang rumahnya terendam banjir, mohon sabar adanya dan jangan makan, minum sembarangan, jaga kesehatan supaya tidak mengakibatkan gatal – gatal dan diare, diharapkan pada pihak dinas kesehatan Cibeber supaya membuat posko kesehatan karena takut adanya warga yang sakit pasca terjadinya banjir dan longsor, pungkasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here