Kepala Desa Kertamukti Sunaryo beserta pengurus BUMDes Niaga Mulya

Laporan : Agus

Bandung Barat, metropuncaknews.com – Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Niaga Mulya Desa Kertamukti Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat, terus berbenah, menata diri. Hal itu dilakukan, untuk menunjang kemajuan desa dan kesejahteraan warga.

BUMDes Niaga Mulya berdiri sejak 2003, dengan modal awal sebesar 15 juta rupiah. Selangkah demi selangkah, para pengelola berupaya keras agar bidang usaha yang dikelolanya dapat maju dan berkembang demi kemajuan dan kesejahteraan warga Kertamukti.

Berkat kerja keras dan ketekunan serta keuletan para pengelola, BUMDes Niaga Mulya sampai kini masih terus bertahan dan bergerak maju dengan melakukan berbagai macam upaya dan beberapa bentuk jenis usaha.

“ Mulai dari warung sembako, sewa soud sistem juga sewa kursi untuk hajatan sampai dengan simpan pinjam yang anggotanya berawal dari kelompok tani, sampai ke penjualan gas melon semuanya dilakukan BUMDes Niaga Mulya,” jelas Bendahara BUMDes Niaga Mulya, Odang saat ditemui dikantornya, Rabu (7/11).

Sampai saat ini semua jenis usaha masih berjalan. Untuk unit simpan pinjam, angota yang sudah ada sekitar 500 anggota. lanjut Odang. Diharapkan, kedepan semua usaha yang dilakukan bisa berjalan semakin baik. “ Hingga keberadaan BUMDes Niaga Mulya bisa dirasakan manfaatnya oleh seluruh warga Desa Kertamukti,” harapnya.

Sementara, Kepala Desa Kertamukti Sunaryo mengatakan, kebersamaan dan rasa tanggung jawab  dengan tujuan ingin membangun desa, itu adalah kunci dari semua ini. Hingga keberadaan BUMDes Niaga Mulya dapat tetap bertahan.

Tentunya, semua itu bukanlah pekerjaan yang mudah seperti membalikan telapak tangan. Namun alhamdulillah, berkat kerja keras dan kebersamaan, Pihak desa dan para pengelola BUMDes masih tetap mampu mempertahankan dan terus menata agar keberadaan BUMDes dapat benar benar dirasakan masyarakat.

Saat ini, masih kata Sunaryo,  selain dari usaha-usaha yang ada, BUMDes juga telah menjalankan beberapa pengembangan usaha warga yang diwadahi kelompok peternak ikan. Seperti pembibitan Ikan Gurame dan Jamur Tiram.

” Ya mudah mudahan apa yang hari ini ditargetkan dapat terealisasi sesuai harapan, sehingga kesejahtraan warga Desa Kertamukti bisa meningkat,” ujar Sunaryo pada awak media.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here