Sebanyak 529 Napi di Lapas Kelas II Cianjur dapat Remisi

Laporan : Shandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Berdasarkan lampiran keputusan Menkum dan HAM tentang Remisi pada HUT Kemerdekaan RI ke 73 tahun 2018, bertempat di Lapas kelas II.B Cianjur,  telah dilaksanakan acara pemberian Remisi pada 529 orang dari 780 penghuni lembaga pemasyarakatan (Lapas), Jumat (17/8).

Penyerahan Remisi tersebut diberikan langsung Bupati Cianjur, H. Irvan Rivano Muchtar, SIP. SH, dan sebagai penanggung jawab kegiatan Kalapas kelas II.B Cianjur Yunianto, Bc. MAP. SH.

Menteri Hukum dan HAM dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Irvan Rivano mengatakan, Remisi merupakan salah satu sarana hukum yang penting dalam mewujudkan tujuan sistem pemasyarakatan. Remisi diberikan sebagai wujud apresiasi sehari-hari. Hal itu tercermin dari sikap warga binaan yang taat selama menjalani pidana, lebih disiplin lebih produktif dan dinamis

Menkumham menjelas, tolak ukur pemberian remisi tidak didasarkan latar belakang pelanggaran hukumnya. Tetapi didasarkan pada perilaku mereka selama menjalani pidana. Remisi dapat dipandang sebagai sebuah instrumen yang penting dalam pelaksanaan sistem kemasyarakatan. “ Yaitu dalam kerangka untuk memberikan stimulus bagi narapidana agar selalu berkelakuan baik,” jelas Menkumham.

Dalam tataran yang demikian,  lanjut Menkumham dalam sambutan tertulisnya, dapat dikataka remisi merupakan alat untuk memodifikasi perilaku narapidana. Karena jika mereka tidak mempunyai perilaku baik maka hak remisi tidak akan diberikan

“ Pada kesempatan ini, kiranya tidak berlebihan apabila saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada pemerintah daerah, yang telah turut ambil bagian dan memberikan dukungan terhadap pelaksanaan pelayanan pembinaan dan pembimbingan kepada warga binaan pemasyarakatan. Saya berharap peran dan partisipasi pemerintah daerah ini, dapat berlanjut dan ditingkatkan untuk masa-masa yang akan datang,” Menkumham.

Kepada seluruh narapidana dan anak yang pada hari ini mendapatkan remisi, Menkumham mengucapkan selamat. “ Semoga dengan pemberian remisi ini, akan memberikan kesempatan kepada saudara-saudara untuk selalu berbuat baik,” ujarnya menegaskan.

Adapun yang mendapat remisi berdasarkan lampiran surat keputusan Menteri Hukum dan Ham RI Nomor : PAS-425.PK.01.01.02 tahun 2018 Nomor : PAS-419.PK.01.01.02 tahun 2018, tanggal 14 Agustus 2018, sebagai berikut, Jumlah besaran Remisi umum 1 (Pengurangan masa tahanan) Remisi 1 bulan sebanyak  97  orang.  2 bulan 104 orang, 3 bulan 174 orang, 4 bulan  89 orang, 5 bulan  48  orang dan 6 bulan 1 orang.

Jumlah besaran Remisi umum II dan (Yang langsung bebas), 1 bulan 3 orang, 2 bulan 3 orang, 3 bulan 9 orang dan 4 bulan 1 orang.

Jadi jumlah besaran Remisi kategori jumlah remisi kasus pidum 375 orang, umum PP 28, 1 orang, umum PP 99. 151 orang dan Narapidana anak 2 orang, jumlah total penerima remisi sebanyak 529 orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here