Warga Kampung Pameungpeuk secara gotong royong merenovasi Ponpes Al-Islah

Laporan : Shandi 

Cianjur, metropuncaknews.com – Bangga, melihat puluhan warga yang antusias mengikuti gotong royong merenovasi Pondok Pesantren Al-Islah di RW 03 Kampung Pameungpeuk Desa Cijedil Kecamatan Cugenang Cianjur, Jum’at (21/9).

Pondok Pesantren Al-Islah sudah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu. Dikelola secara turun temurun oleh pihak keluarga. Sejak kepergian Almarhum Apa H. Badrudin, pesantren yang satu ini  dikelola anaknya yang bernama H. Cecep Royani.

Berkat kesungguhan dan ketekunannya, H. Cecep Royani mampu pertahankan amanah orangtuanya. Yakni menjaga konsistensinya dengan adat budayanya. Seperti tidak menggunakan speaker masjid dan tidak terinterpensi pihak luar.

Ketua RW 03, Kusnadi yang juga selaku komando kegiatan gotong royong tersebut, merasa bangga dengan antusias warganya yang mau bekerja tanpa pamrih.

” Alhamdulillah kami mendapat bantuan material dari para donatur untuk merenovasi pondok pesantren Al-Islah ini, dan sebagai bakti masyarakat terhadap tokoh ulama dan Ponpes, saya selaku Ketua RW mengerahkan bantuan tenaganya,” kata Kusnadi saat ditemui metropuncaknews.com di lokasi.

Lanjut dia, mudah-mudahan sinergitas warga ini bisa terjaga. Selain bisa terjalinnya silaturahmi, warga juga akan memiliki rasa tanggung jawab atas pembangunan daerahnya. Terlebih gotong royong merupakan salah satu warisan tradisi masyarakat Indonesia.

Salah seorang tokoh masyarakat menambahkan, apa yang sudah ada selama ini tetap kami jaga. Karena itu sudah turun temurun. “ Intinya masyarakat menginginkan suasana yang agamis tenteram dan bersahaja,” imbuhnya.

Seperti halnya ketika pelaksanaan gotong royong berlangsung. Para ketua RT/RW pun turun langsung kelapangan. Sehingga masyarakat yang tidak ikut merasa malu dengan sendirinya. “ Nah disitulah masyarakat disini bisa mempertahankan tradisi,” ucap salah seorang Ketua RT pada awak media.

Menyikapi kegiatan gotong royong tersebut, Mandor Desa Cijedil Husen mewakili segenap warga mengatakan, dengan penuh rasa syukur atas kekompakan warga, yang masih mau bersinergi dengan para tokoh ulama dan tokoh masyarakat.

Ucapan terima kasih pun ia sampaikan pada para donatur. Diantaranya Kepala Desa Cijedil, Baur SIM Polres Cianjur, Ananda Tohpati relawan lingkungan hidup dan warga.

” Semoga apa yang telah diberikan kepada kami berupa material bahan bangunan, digantinya dengan pahala yang berlimpah oleh Alloh SWT, serta apa yang diinginkannya bisa tercapai. Besar harapan kami, agar para santriawan-santriawati betah di pesantren ini dan mau menjaganya serta bisa menjadikannya wasilah yang baik dikemudian hari,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here