Peringatan HUT Pramuka Tahun 2018 di Kec. Sukaluyu, diperingati secara sederhana

Liputan : Sam AS

Cianjur, metropuncaknews.com – Kwartir Ranting (Kawaran) Gerakan Pramuka Kecamatan Sukaluyu, menggelar upacara HUT Pramuka. Acara tersebut dilaksanakan di lapang Olah Raga Desa Babakansari, Kecamatan Sukaluyu, Cianjur, Selasa (14/08).

Upacara tersebut dihadiri anggota pramuka sebanyak kurang lebih 1200 orang. Mereka  terdiri dari tingkat pramuka Siaga, Penggalang, penegak dan para pembina dari seluruh pangkalan SDN/MI, SMP, MTs/sederajat yang ada di Kecamatan Sukaluyu. Selain itu hadir pula unsur Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran), Majelis Pembimbing Gugus depan (Mabigus) dan hadir pula Majlis Pembimbing Desa (Mabisa) .

Upacara HUT Pramuka dipimpin salah seorang anggota Mabiran yang juga Kapolsek Sukaluyu AKP Gito, SH. Sebab Ketua Mabiran juga selaku Camat Sukaluyu,  tidak dapat hadir karena sedang mengikuti kegiatan pelepasan Api Asean Game 2018 di pendopo Kabupaten Cianjur.

Ketua Kwaran Kecamatan Sukaluyu,  Masna Abdurrahman,  mengatakan, pelaksanaan peringatan HUT Pramuka tahun 2018, dilaksanakan dengan sederhana.   Tidak ada kegiatan bentuk perkemahan seperti tahun sebelumnya. Karena sekarang itu terlalu padat kegiatan.

Namun untuk rangkaian HUT Pramuka sekarang, pihaknya melaksanakan kegiatan bakti sosial. Seperti membersihan sampah disetiap lingkungan masyarakat di setiap desa yang ada di Kecamatan Sukaluyu. Selainitu juga melaksanakan penanaman pohon Ketapang di pinggir lapang olahraga Desa Tanjungsari yang baru selesai direnovasi.

Maka dengan adanya itu, peringatan HUT Pramuka sekarang ini, mendapat hikmah tersendiri. “ Kami berharap, hal ini bisa menjadi suri tauladan untuk seluruh adik pramuka siaga, penggalang, penegak dan pandega di setiap pangkalan serta di setiap lingkungan masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, angota Kapolsek Sukaluyu, AKP Gito, SH mengatakan, pihaknya sangat mendukung terhadap kegiatan kepramukaan. Karena sejak awal mereka disiapkan untuk menjadi generasi  penerus yang mampu menjaga keutuhan NKRI. Termasuk membantu berbagai tugas kepolisian.  Melalui saka bhayangkara adik-adik pramuka dapat melakukan tindakan baik terhadap kasus kriminalitas, mengatur lalulintas, laka lantas dan pramuka selalu larut membantu bencana alam.

Selain itu, pihaknya merasa bangga melihat seluruh anggota pramuka mulai dari tingkatan siaga, penggalang, setelah selesai upacara mampu melaksanakan  berbagai atraksi. Seperti demontrasi berkomunikasi dengan bahasa sandi bendera semaphor yang diperagakan ratusan anggota pramuka. Mulai tingkat siaga dan diteruskan dengan pelantikan saka bhayangkara.

“ Diharapkan pramuka di Kecamatan Sukaluyu,.sejajar dengan gerakan  pramuka yang sudah dianggap maju di Kwaran lainnya yang ada  Kabupaten Cianjur,” kata Gito.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here