Warga Desa Selajambe, dilibatkan dalam pembangunan yang ada di wilayah Desa Selajambe

Liputan : Shandi 

Cianjur, metropuncaknews.com – Seiring turunnya kucuran dana dari pemerintah, Desa Salajambe Kecamatan Sukaluyu, Cianjur, melanjutkan pembangunan yang ada di wilayah desanya.

Beberapa titik pembangunan yang saat ini berjalan, diantaranya rabat beton dan pembangunan tembok penahan tanah (TPT). Dana untuk pembangunan tersebut, bersumber dari DD tahap II tahun 2018.

Meski ada sedikit keterlambatan pencairan dana anggaran, Namun Desa Salajambe dengan melibatkan masyarakat, terus menggenjot berlangsungnya pembangunan demi pencapaian yang maksimal.

Satu diantaranya, pengecoran jalan Cibungur – Salajambe sepanjang 406 m x lebar 3 m dengan total anggaran sebesar Rp.  250.000.000,- (dua ratus lima puluh juta rupiah) + PPN/PPH dari anggaran DD tahap II. Sedangkan untuk pengerjaanya, dilakukan oleh masyarakat setempat dari tiga ke-RW-an. Meski demikian, pengerjannya tidak terlepas dari pantauan Tim Pelaksana Kegiatan (TPK).

TPK Desa Salajambe Ma’mun Nawawi saat ditemui awak media, Minggu (12/8), mengatakan, proses pembangunan jalan alhamdulillah berjalan lancar. Kalau ditanya apa alasan TPK melibatkan masyarakat dari tiga keRWan dalam pelaksanaannya, supaya masyarakat tahu betul kemana kucuran dana diterapkan, kata dia.

Masyarakat dalam pembangunan jalan tersebut, terlihat begitu antusias dengan adanya pengecoran jalan desa itu. Karena diakui masyarakat, jalan tersebut sebelumnya memang sudah rusak.

Dibalik antusiasnya masyarakat, Hadi Ismail tokoh pemuda sangat menyayangkan adanya oknum-oknum masyarakat yang tidak peduli hasil pembangunan. Seperti halnya pengecoran yang baru selesai dibangun dan belum layak dipakai, oknum masyarakat membongkar penutup jalan dan menggunakan jalan tersebut. Mirisnya lagi, tidak hanya penduduk setempat melainkan para pendatang pun demikian.

Hal tersebut menyiratkan kurangnya ketegasan Ketua RT sebagai pemilik wilayah. Sehingga ketika ditemukan hal demikian masih dibiarkan.

Dihubungi melalui telepon selular, Agus Junaedi Kepala Desa Salajambe membenarkan pembangunan jalan cor beton itu  dibangun bersumber dari Dana Desa (DD) tahap II.

” Jalan Cikijing – Salajambe, kurang lebih sekitar 500 meter, proses pembangunan jalan tersebut dibangun dua tahap. Tahap pertama alhamdulillah sudah selesai dan sisanya saat ini sedang dibangun yang bersumber dari DD tahap II,” kata Agus Junaedi.

Adapun jalan desa, dari kantor desa ke statsion Salajambe sepanjang 150 meter, itu akan dibangun dari Banprov. Pelaksanaan pembangunannya nanti setelah pengecoran jalan Cibungur – Salajambe selesai.

Disinggung mengenai adanya oknum masyarakat yang tidak peduli pembangunan, menyikapi hal itu Kepala Desa akan memberikan tindakan tegas untuk memaksimalkan hasil pembangunan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here