Pramuka di Kecamatan Naringgul ikuti Lomba Pramuka

Laporan : Shandi

Cianjur, metropuncaknews – Melalui Hari Pramuka yang ke 57, sebanyak 36 Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Naringgul Cianjur Selatan, mengikuti lomba Pramuka Tingkat Kecamatan regu pengalang LT 2 tahun 2018. Kegiatan tersebut dilaksanakan di lapangan Sepak Bola Datarkubang Desa Naringgul, Kecamatan Naringgul, Cianjur Selatan, Jawa Barat.

Pelaksanaan kegiatan tersebut dimulai pada tanggal 14 sampai 16 September 2018. Diharapkan, selama pelaksanaannya bisa berjalan dengan tertib, aman dan lancar.

Pada saat pembukaan, hadir jajaran Muspika Naringgul dan para OPD Kecamatan Naringgul. Kehadirannya tersebut, seakan memberikan spirit bagi para penyelenggara dan pesertanya. Sehingga mereka sangat antusias mengikuti perlombaan itu.

Salah satu diantaranya adalah Karina murid SDN Datarkubang Naringgul. Ia bersama 8 orang temanya mengatakan, mereka merasa senang dan gembira.

” Saya sangat gembira dan senang bisa mengikuti lomba pramuka yang diselenggarakan Kwartir Naringgul ini. Karena dengan mengikutinya saya bisa menambah pengalaman dan ilmu. Saya berharap, Regu pramuka SDN Datarkubang bisa menjadi juaranya, supaya bisa mewakili tingkat Kabupaten dan Nasional,” Kata Karin diamini teman-temannya saat dijumpai awak media.

Masih di lokasi yang sama, Lilis Nurhayati S.Pd Kepala SDN. Cinerang, menyambut antusias lomba pramuka tingkat pengalang 2 (LT 2) kwartir ranting Naringgul.

” Untuk menambah pengalaman anak didik, lebih giat, disiplin serta rasa hormat yang tinggi, khususnya bagi siswa-siswi dari SDN Cinerang sebanyak 16 murid dari kelas IV, V dan VI yang dibagi menjadi dua kelompok, umumnya semua murid Sekolah Dasar (SD), jadi saya sangat meresponnya,” tutur Lilis.

Selain Karina, Lilis juga mengharapkan sekolah yang pimpinnya bisa menjadi juara. Ia berpesan semoga semua menjadi anak yang berguna untuk agama, nusa, bangsa dan negara.

Sementara itu Ketua Kwaran Ranting Gerakan  Pramuka Naringgul Catin Setiawan, S.Pd mengatakan, salah satu tujuan diadakan lomba tingkat pengalang pramuka LT.2 ini adalah untuk mengevaluasi kegiatan-kegiatan yang telah  dilaksanakan para pembina pramuka dimasing masing gugus depan.

Catin juga mengatakan, pihaknya mengevaluasi letak geograpis Naringgul ini kan sangat jauh. Selain itu juga program dari kepramukaan dari tingkatan nasional, apalagi tentang program LT 1, 2 sampai 3. Itu harus dilaksanakan sebagai evaluasi kegiatan sehari hari, yang harus dilaksanakan. “ Jadi pada intinya kegiatan lomba ini, bertujuan untuk mengevaluasi,” jelas Catin.

Selanjutnya Catin mengatakan, terkait dengan adanya  kegiatan yang seperti sekarang ini, sebenarnya bukan baru kali ini saja, Namun karena jarak yang jauh, jadi jarang mengadakannya di Kecamatan Naringgul.

Berbeda dengan tingkat kabupaten, sering mengadakannya untuk seleksi. Nah, pada pelaksanaan sekaranglah, pihaknya betul-betul harus menyeleksi regu putra-putri terbaiik dari 36 SDN Se Kecamatan Naringgul, yang masing-masing sekolah mengirimkan satu regu dengan anggota 9-10 orang.

“ Ada pun nanti hasil penilain tim dari kegiatan ini, pemenangnya akan menjadi wakil pada kegiatan tingkat kabupaten, dengan catatan para peserta  usianya sudah masuk pengalang, karena untuk peniliannya cenderung kebidang pengetahuan dan keterampilan,” imbuhnya  sekaligus menutup perbincangannya dengan awak media.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here