Nova Rizkia Mahani (21) seorang 'tuna daksa', siswi kelas XII SLB Permata Ciranjang mendapat perhatian dari Plt Bupati Cianjur Herman Suherman

Laporan : Dhani/Sopie

Cianjur, metropuncaknews.com – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab. Cianjur menggelar acara Job Fair. Pada acara tersebut Disnakertrans Cianjur menyediakan 3060 lowongan kerja. Karena itu, ribuan pencari kerja berbondong-bondong datang ke acara “Job Fair’ yang diselenggaran Disnakertran Kabupaten Cianjur. Acara tersebut digelar di Lapang Prawatasari Joglo Cianjur, Rabu (11/12).

Hadir pada kesempatan itu, PLT Bupati Cianjur H. Herman Suherman, perwakilan dari setiap instansi dan 30 perusahaan.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Cianjur, Heri Suparjo pada awak media, mengatakan, para pencari kerja harus membawa berkas lamaran kerja yang lengkap. Selain itu yang paling penting membawa Kartu AK1 (Katu Kuning/Kartu Pencari Kerja) yang masih berlaku. Kemudian diserahkan pada panitia berikut lamarannya untuk dilegalisir.

“ Jika sudah dilegalisir, pencari kerja diberi kebebasan untuk memilih perusahaan mana saja yang diminati,” jelasnya.

Lanjut Heri, ada sebanyak 30 perusahaan yang mengikuti acara Job Fair ini. Perusahaan tersebut nantinya akan menyerap 3060 tenaga kerja. Sedangkan acara Job Fair tersebut dibka mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 15.00 WIB.

” Di acara-acara Job Fair sebelumnya pada tahun 2018, para pencari kerja ini berdesak-desakan dibawah terik panas matahari. Nah, dengan upaya kerasnya itulah, mudah-mudahan dari 3060 loker ini, bisa terserap oleh pencari kerja asal Cianjur khususnya,” kata Heri.

Terakhir Heri mengimbau pada para pencari kerja yang akan mengadu keberuntungannya di perusahaan yang diminati, agar menjaga stamina. Artinya harus sehat dan fit. Mengingat cuaca akhir-akhir  ini sangat panas.

“Bagi para pencari kerja yang akan mengikuti Job Fair ini tidak dipungut biaya apapun. Artinya semua 100 persen gratis,” pungkasnya.

Masih di lokasi yang sama, Nova Rizkia Mahani (21) seorang ‘tuna daksa’, siswi kelas XII SLB Permata Ciranjang, yang mencoba mencari kerja di acara Job Fair. Dirinya mendapat perhatian khusus dari Plt. Bupati Cianjur H. Herman Suherman. Herman memasukannya ke Fasic untuk diterima kerja langsung.

” Saking senangnya, saya tidak bisa berkata apa-apa. Terima kasih kepada Bapak Bupati H. Herman Suherman yang sudah memasukan saya untuk bekerja di Fasic,” kata Nova.

Sementara, Teti Rohayati guru sekolah Nova mengatakan, Nova ini aktif mengikuti pelatihan keterampilan. Bahkan ia juga pernah menjuarai lomba literasi tingkat kabupaten.

” Nova menginginkan ditempat kerjanya nanti, diposisikan di bagian administrasi. Dengan keikutsertaannya di Job Fair ini, diharapkan bagi siapapun penyandang ‘disabilitas’, supaya tidak minder atau riskan untuk berbaur dengan yang lain,” kata Teti Rohayati yang mendampingi Nova ke acara Job Fair.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here