Laporan : Sam/Iryanto

Cianjur, metropuncaknews.com – Sedikitnya 30 Keluarga Penerima Manfaat (KPM)  Program Keluarga Harapan (PKH) Desa Ramasari Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur, baru-baru ini mengundurkan diri secara sukarela. Graduasi Mandiri Sejahtera

Mengundurkan dirinya para KPM PKH, karena selain sudah cukup lama menjadi KPM PKH, dianggap sudah sejahtera. Sekaligus ingin memberi kesempatan pada keluarga lainnya yang dianggap ekonominya kurang beruntung.

Seperti halnya mantan KPM PKH warga Kampung Ramasari RW 01 Desa Ramasari,  Rohati (43) didampingi  Sumarni (47) menjelaskan, yang pertama mengundurkan diri dari anggota KPM PKH yaitu Bu Nia dan disusul pihaknya dan KPM PKH lainnya. Hingga di Kampung Ramasari RW 01, sebanyak 13 orang yang mengundurkan diri secara secara sukarela tanpa ada paksaan dari pihak lain.

Alasannya, karena selain sudah cukup lama menjadi KPM PKH, kurang lebih sudah 7 tahun. Juga untuk memberi kesempatan pada keluarga lainnya yang dianggap ekonominya kurang beruntung.

Bukan artian pihaknya sudah hidup mapan, tapi ingin memberi kesempatan pada keluarga lainnya dan mencari nafkah untuk keluarga. Pihaknya berjualan goreng-gorengan dengan cara keliling kampung.

Selain itu, pihaknya akan belajar hidup mandiri dengan tidak ada ketergantungan pemberian dari pihak pemerintah. Kedepannya akan perupaya berjualan makanan goreng gorengan dengan modal sendiri.  “Tidak seperti sekarang menjual dagangan milik orang lain alias  nyepol,” aku Rohati yang diamini Sumarni, Sabtu (28/02-2021)

Sementara itu, salah seorang Pendamping PKH Desa Ramasari, Ekawati (25) menambahkan, pihaknya mengaku, KPM PKH yang ada di Desa Ramasari kurang lebih sebanyak 571 KPM PKH. Pembinaannya digarap dua orang Pendamping PKH. Yakni dirinya sendiri dan Amas Mashur (27).

Dari sekian banyak KPM PKH baru 30 KPM PKH yang sudah berani mengundurkan diri dari anggota PKH secara suka rela. Graduasi mandiri sejahtera dengan alasan ingin berbagi kesempatan pada keluarga lainnya yang dianggap ekonominya kurang beruntung.

Selanjutnya, pihaknya dalam waktu dekat akan melaksankan pembinaan, pelatihan keterampilan kewirausahaan pada para mamtan KPM PKH. “ Selain itu, juga memberi bantuan modal usaha yang kedepannya supaya mampu hidup mandiri dengan tanpa adanya bantuan pemerintah,” ujarnya menegaskan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here