3 Orang Korban Meninggal Ditemukan, Hingga Saat ini Korban Meninggal Menjadi 271 Orang

0
28
Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto saat memberi keterangan pers pada Rabu 23/11/2022. / Photo apip

Laporan : Sam Apip

Editor : Yanto Hidayat

Cianjur, metropuncaknews.com – Rabu 23/11/2022, Tim gabungan evakuasi korban bencana gempa bumi Cianjur berhasil menemukan 4 korban lagi, 3 orang ditemukan dalam keadaan meninggal dunia dan satu korban yang masih anak anak ditemukan dalam keadaan selamat.

“Hari ini kembali ditemukan empat orang, satu orang korban yang masih anak-anak dalam keadaan selamat, dan tiga lainnya dalam kondisi meninggal dunia,” tutur Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto.

Proses penanganan hingga saat ini diterjunkan personil sebanyak 6000 orang terdiri dari tim SAR, TNI, Polri, Basarnas dan kekuatan personil lainnya.

“Orang hilang yang terdata sekitar 40 orang lagi, 39 dari Kecamatan Cugenang dan 1 orang dari Kecamatan Warungkondang, namun kemungkinan masih ada tambahan dari 271 orang yang meninggal dunia, masih kami terus telusuri, apakah sudah dimakamkan pihak keluarga atau tidak, kami belum bisa memastikan,” ungkapnya.

Sedangkan korban luka-luka atas kejadian gempa bumi ini bertambah menjadi 2.043 orang, warga yang mengungsi menjadi 61.908 orang, sementara untuk kerugian materil rumah rusak sebanyak 56.320 unit.

“Dari jumlah 56.320 unit tersebut, rusak berat sebanyak 22.241 rumah, rusak sedang 11.641 rumah, rusak ringan 22.090 rumah. Jumlah itu akan terus kami verifikasi, didata mulai dari RT/RW, Kepala Desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas sampai ke Kepala OPD yang sudah diperintahkan untuk ikut pendataan, karena kalau cepat ini segera kita perbaiki,” jelasnya.

Sementara untuk fasilitas umum atau infrastruktur ada beberapa yang mengalami kerusakan dan harus diperbaiki, diantaranya sekolah sebanyak 31 unit, tempat ibadah 124 unit, fasilitas kesehatan 3 unit dan gedung perkantoran 13 unit, sementara untuk kecamatan terdampak bertambah menjadi 15 kecamatan.

“Pencarian dan evakuasi hari ini sudah ada hasilnya, pencarian dilaksanakan secara terus menerus meskipun dalam kondisi hujan, tim tetap melakukan sesuai prosedur, karena masih ada 40 orang yang belum ditemukan. Sementara untuk pengungsian ada di 14 titik, pengungsian utama akan disiapkan dengan maksimal supaya progress nya lebih baik,” pungkasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here