Laporan : Sandi/Dhani

Cianjur, metropuncaknews.com – Ribuan peserta yang mengikuti rapid test di Mapolres Cianjur, nampak terlihat antusias mengikutinya. Hal itu terlihat dari cara mengantri para peserta sesuai dengan protokol kesehatan, Kamis (25/06).

Rapid Test yang melibatkan 2000 peserta ini juga mendapatkan anugerah dari Museum Rekor Indonesia (MURI), sebagai kategori kegiatan rapid test terbanyak yang dilaksanakan oleh jajaran Kepolisian Resor (Polres).

Kepada awak media, AKBP Juang Andi Priyanto mengatakan, dalam kegiatan kali ini, pihaknya memilih menggunakan alat rapid test produk dalam negeri. Yakni, Cakra Covid-19 IgG/IgM produksi PT Indec Diagnostics yang didistribusikan oleh PT Indo Cakra Abadi.

” Dipilihnya produk rapid test Cakra Covid-19 ini, selain untuk mendukung produk karya anak bangsa, kami juga menilai produk tersebut memiliki tingkat sensitivitas dan spesifitas yang tinggi, hingga bisa mencapai 95,9% untuk Sensivitas IgG dan 91,8% untuk Sensitivitas IgM,” jelasnya.

Lanjut Kapolres, adapun spesifitas IgG dan IgM diklaim hingga mencapai 100%. Sehingga hasil yang didapatkan bisa lebih akurat.

” Perlu diketahui, hasil tersebut telah diuji di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) Kementerian Kesehatan RI,” katanya.

Kapolres juga menerangkan, Cakra Covid-19 ini merupakan cara tes cepat kualitatif untuk mendeteksi secara simultan antibodi IgG dan IgM terhadap virus SARS-CoV-2. Dengan metode imunokromatografi pada darah, serum, atau plasma manusia.

” Ya, produk Cakra Covid-19 IgG/IgM ini, telah diproduksi sesuai standar manajemen mutu cara pembuatan alat kesehatan yang baik edisi 2017 dan telah mendapatkan sertifikasi Kemenkes RI,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here