Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Kolang-kaling atau yang orang Jawa Barat (Sunda-red) biasa menyebutnya Cangkaleng, merupakan penganan khas warga  Indonesia. Kolang-kaling berasal dari buah aren yang masih muda. Rasanya enak dan kenyal. Biasa dijadikan bahan camuparan es sirup, kolak dan bisa pula dijadikan manisan.

Pada bulan suci Ramadhan seperti sekarang ini, kolang-kaling merupakan penganan yang paling laris di pasaran. Hingga harganya cukup meningkat dibanding bulan lainnya. Para penjual kolang-kaling pun kebanjiran pembeli.

Hal tersebut dirasakan para pedagang kolang-kaling warga Kambung Balong Desa Girimukti Kecamatan Campaka Kabupaten Cianjur. Tiap bulan suci ramadhan kebanjiran pembeli. Apalagi menjelang Hari Raya Idul Fitri (Lebaran). Hingga para pedagang kolang-kaling merasa kewalahan memproduksinya.

Salah seorang pedagang kolang-kaling,  warga Kampung Balong Desa Girimukti Kang Nani Hunaeni (58) mengatakan, seluruh warga Kampung Balong Desa Girimukti itu, mayoritas pembuat tape singkong dan kolang-kaling. Hingga tiap harinya mampu menghasilkan tape singkong puluhan ton dan kolang-kaling hingga belasan ton.

Namun ketika bulan suci ramadhan produksi kolang-kaling yang cukup meningkat. Karena kolang-kaling merupakan makanan khas bulan suci ramadhan. Selain itu, kolang-kaling bisa dibuat berbagai macam pangan.

Seperti halnya dijadikan campuran es sirup, kolak dan bila menjelang lebaran tidak sedikit kolang-kaling yang dijadikan manisan untuk disatukan dengan buah lainnya. Hingga selain indah dipandang juga enak dan segar bila dimakan.

Karena itu, para pedagang kolang-kaling sekarang itu mulai merasa keteter memproduksinya. Karena peminat cukup banyak tapi produksi melempem. Sebab selain bahan baku buah aren semakin berkurang  juga biaya kurang maksimal.

“ Kami berharap, semoga dalam waktu dekat ada kucuran dana pinjaman dari pihak lain yang sekiranya sudi memberikan pinjaman lunak,” kata Kang Nani, pada awak media, Sabtu (1/5/2021).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here