Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Bukit Pasir Muncang setinggi kurang lebih 120 meter dengan luas 15 ha yang berlokasi di Desa Nanggalamekar Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, memiliki potensi alam yang cukup menarik untuk dijadikan tempat wisata alam.

Di Bukit Pasir Muncang tersebut, nampak jelas terlihat batu Alien, Bewak (Bunker), mata air yang tak pernah surut, kebun, sawah dan berbagai jenis pohon besar. Maka dengan adanya itu Pemerintah Desa Nanggalamekar dalam waktu dekat akan mengelola Bukit Pasir Muncang untuk dijadikan tempat wisata alam.

Kepala Desa Nanggalamekar Hilman S.Kom menjelaskan, cadas yang mirip batu besar berdiri tegak setinggi kurang lebih 20 meter, lebar 5 meter yang berlokasi dibekas galian C di Bukit Pasir. Muncang. Sekarang itu mulai banyak dikunjungi warga untuk berswa foto. Mungkin karena saking besarnya, hingga batu tersebut disebut batu Alien.

Tidak hanya itu saja, di Bukit Pasir Muncang ada Bewok (Bunker) yang cukup luas. Konon katanya, Bunker itu merupakan peninggalan jaman penjajahan. Yakni bekas masyarakat sekitar menyelamatkan diri (ngumpet) ketika penjajah nyerang ke perkampungan.

Selain itu, ada sumber air yang keluar dari perut bumi yang tidak pernah surut. Sekali pun ketika musim kemarau panjang dan banyak  macam jenis pohon besar di sekeliling bukit Pasir Muncang.

Melihat hal itu, Pemerintahan Desa Nanggalamekar bersama masyarakat akan segera membuka bukit tersebut untuk dijadikan tempat wisata alam yang diberi nama, “Nanggala Edupark”.

“ Untuk sementara Pemerintahan Desa Nanggalamekar akan fokus menggarap Batu Alien, Lapangan Mini Kros Motor dan membuka mata air,” jelas Hilman.

Sementara itu, salah seorang pengunjung Batu Alien, warga Kecamatan Ciranjang, Mirnawati (19) mengatakan, memang benar batu besar dan tinggi itu, banyak disebut batu Alien dan entah siapa yang pertama kali menyebutnya.

Tapi Mirna tidak merpermaslahan nama batu, melainkan datang keempat tersebut, ingin berswa foto di dekat batu Alien. Namun sayang di lokasi dekat batu Alien masih terkesan  kumuh, belum ditata dengan apik.

Maka para pengunjung akan lebih banyak lagi yang datang ingin melihat batu besar dan berswa foto. ” Pak Kades Nanggalamekar, Pak Camat Ciranjang dan pak Bupati Cianjur mohon Bukit Pasir Muncang segera dibangun supaya lebih indah lagi,” hrapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here