Laporan : Sandi.

Canjur, metropuncaknews.com – 12 Desa di Kecamatan Cidaun, Cianjur selatan Jawa Barat, mengikuti Pilkades Serentak pariode 2020-2026 mendatang.

Adapun desa-desa yang mengikutinya adalah Desa Gelarwangi, Mekarjaya, Puncakbaru, Cibuluh, Gelarpawitan, Neglasari, Cimaragang, Cidamar, Kertajadi, Jayapura, Cisalak dan Desa Sukapura.

Dari ke 12 desa tersebut, muncul 61 Bacalon Kades, yang sudah mendaftarkan diri di panitia Pilkades masing-masing desa.

Menurut informasi yang dihimpun awak media, Senin (23/12), ada beberapa desa yang memiliki Bacalon lebih dari lima. Kendati demikian, yang berhak mengikuti Pilkades Serentak, akan dilakukan penyaringan (testing) di Cianjur, sehingga mendapat lima Bacalon Kades.

Camat Cidaun Erlan Iskandar, melalui keterangan tertulisnya menyampaikan, di wilayah Kecamatan Cidaun ini ada 12 desa yang akan melangsungkan Pilkades Serentak. Sementara, untuk persiapan tahapan demi tahapannya, saat ini sudah dilaksanakan oleh panitia penyelenggara di desanya masing masing.

“Insallah untuk di Kecamatan Cidaun aman kondusif, dan kami juga terus berkordinasi dengan pihak Kepolisian Sektor Cidaun. Dalam waktu dekat ini pihak kecamatan, berencana akan mengundang para Bacalon Kades, untuk mengikuti bimbingan dan pembekalan,” ujarnya.

Lanjut Erlan, bagi desa yang memiliki lebih dari lima Bacalon, nanti akan dilakukan testing di Universitas Surya Kancana pada tanggal 19 Januari 2020 mendatang.

“Dari 12 desa yang akan mengikuti Pemilihan Serentak nanti, menurut hasil pendataan panitia di masing-masing desa, total Daptar Pemilih Sementara (DPS) berjumlah 44.412 Hak pilih. Tapi dari jumlah tersebut belum masuk ke Daptar Pemilih Tetap (DPT), mungkin setelah dilakukan penetapan bisa berkurang bisa juga lebih,” tambahnya.

Terakhir, sementara untuk mengisi kekosongan kepala desa, di isi oleh 12 Pegawai Negeri Sipil (PNS), “sebanyak 12 orang PNS disebar di ke 12 desa, menjabat sebagai Pejabat Sementara (Pjs), di desa-desa yang akan melaksanakan Pilkades Serentak 2020 mendatang,” pungkasnya.

Sementara, Kapolsek Cidaun AKp Falahudin menyampaikan, untuk pemilihan Kepala Desa Serentak diwilayah Hukum Polsek Cidaun di jamin aman dan kondusif tidak ada masalah.

“Kami jajaran TNI & POLRI dan Satpol-PP, siap mengamankan Pilkades Serentak diwilayah Kecamatan Cidaun, para anggota Bhabinkamtimbas dan Babinsa, selalu melaporkan setiap kegiatan tahapan tahapan pelaksananan pilkades Serentak. Jadi untuk di Cidaun setiap kegiatan terpantau, sehinga bisa kami pastikan Insyaallah aman dan kondusif,” kata Kapolsek Cidaun saat dihubungi via telepon sellular.

Kami menghimbau kepada segenap masyarakat Kecamatan Cidaun, dan para pendukung dari masing-masing Bacalon, untuk menjaga ketertiban bersama terkait Pilkades Serentak ini.

“Mari kita Ciptakan Pemilihan Pilkades sebagai pesta Demokrasi dan ajang kekeluargan. Tak lupa saya juga mengucapkan selamat berkompetisi kepada putera-puteri Cidaun, dalam Pilkades Serentak 2020 mendatang,” tukasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here