Laporan : Sandi/Dhani

Cianjur, metropuncaknews.com – Sebanyak 1000 botol hand sanitizer dibagikan secara gratis pada pengendara sepeda motor dan mobil serta masyarakat. Pembagian hand sanitizer itu dilakukan  di depan Mapolres Cianjur, Kamis (19/03), sekira pukul 14.00 WIB.

Selain di jalan raya, pembagian hand sanitizer juga berlanjut ke lingkungan masyarakat sekitar dan di depan kantor pelayanan pembuatan SKCK. Sasarannya para pembuat SKCK yang ada saat itu.

Hal itu dilakukan sebagai bentuk bukti nyata peran kepolisian sebagai pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, nampak hadir Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Cianjur, MUI Cianjur, TNI dan Dokpol.

Setelah sebelumnya turut meracik hand sanitizer, kali ini Kapolres Cianjur, AKBP Juang Andi Priyanto juga turun langsung membagikannya pada masyarakat Cianjur. Menurutnya, pembagian gratis tersebut merupakan respon dari kepolisian atas keluhan masyarakat yang sulit mendapatkannya di pasaran.

” Kami bersama Forkopimda akan terus bersama-sama memerangi corona di Cianjur. Bukan hanya seremonial saja, dan tidak hanya sekali ini saja, tapi kami juga akan terus berupaya memproduksi hand sanitizer sebanyak-banyaknya dan membagikannya secara gratis pada masyarakat,” ujar Kapolres.

Lebuh lanjut Kapolres menegaskan, pihaknya berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam memerangi virus corona atau Covid-19. Dalam hal ini Kapolres juga mengajak masyarakat untuk membantu pemerintah dan kepolisian dalam melakukan pencegahan.

” Tugas pencegahan ini tidak hanya bisa dilakukan oleh pemerintah atau kepolisian saja, tapi kita semua harus turut ambil bagian dalam upaya pencegahannya,” ungkap Kapolres.

Lanjut Kapolres, pencegahan utama, dimulai dari diri sendiri dan keluarga. Salah satunya dengan melaksanakan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), istirahat yang cukup serta membiasakan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

“Sabun dan air lebih efektif menghilangkan beberapa jenis kuman. Jadi penggunaan hand sanitizer ini dilakukan jika sabun dan air tidak tersedia dalam situasi tertentu. Penerapan PHBS yang dilakukan masyarakat, akan sangat membantu dalam meminimalisir terjangkitnya Covid-19,” jelasnya.

Sejumlah program Polres Cianjur dalam mencegah penyebaran virus corona memang bisa langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Cianjur. Selain meracik hand sanitizer dan membagikannya pada masyarakat, sebelumnya sejumlah program lainnya pun sudah diluncurkan.

Program tersebut antara lain, membentuk Corona Response Team (CRT), yang dilengkapi dengan sarana dan prasana sesuai standar yang berlaku. Menyiapkan Posko Siaga Corona yang siap stanbdy 24 jam, serta melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah gedung.

” Insya Allah kami akan terus berupaya. Kami berharap masyarakat tidak perlu panik namun tetap waspada. Semua program kami tidak akan bisa maksimal tanpa didukung oleh kesadaran kita semua dan seluruh masyarakat Cianjur. Mari bersama-sama mencegah dan perangi penyebaran virus corona,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here