Bantuan dari Dinas Pertanian Kabupaten Cianjur untuk orban angin puting beliung di Desa Sukamanah Kec. Karangtengah

Liputan : Shandi/Eka RKL

Cianjur, metropuncaknews.com – Pasca terjadinya angin puting beliung di Cianjur, warga Desa Sukamanah, Karangtengah, Cianjur, mendapatkan bantuan dari Dinas Pertanian Kabupaten Cianjur. Bantuan yang diberikan berupa beras sebanyak 600 Kg, Kamis (3/1).

Datangnya bantuan tersebut berkat pengajuan Desa Sukamanah, yang dengan sigap menyikapi musibah yang menimpa warganya.

Berdasarkan hasil pendataan Pemerintahan Desa Sukamanah, korban angin puting beliung terdapat sebanyak 63 KK. Mayoritas kerusakannya di bagian atap rumahnya saja (genteng).

Saat penerimaan bantuan berupa beras tersebut, Ketua RW. 01 Desa Sukamanah memaparkan, pasca terjadinya angin puting beliung yang menimpa warga, sepekan yang lalu, alhamdulillah hari ini, Kamis (3/1), mendapatkan bantuan dari pemerintah. “ Yaitu berupa beras sebanyak 6 kwintal, yang masing-masing akan diberikan kurang lebih 8-10Kg,” paparnya.

Lanjut Endang, bantuan yang ada pada hari ini, akan langsung disalurkan pada mereka yang berhak menerimanya. Karena jelas-jelas warga sangat menunggunya.

Jika ditelaah lebih jauh lagi, sebetulnya banyak yang warga butuhkan selain beras. Seperti kebutuhan material bangunan untuk kembali membangun atap rumahnya.

” Ya, karena keadaan rumahnya rusak, sebagian daripada mereka lebih memilih di rumah untuk memperbaiki apa saja yang rusak diterjang angin puting beliung kemarin,” kata Ketua BPD Desa Sukamanah Yedi Nurahkmat, menambahkan.

Sementara Kepala Desa Sukamanah Dadan saat ditemui awak media mengatakan, dirinya mewakili masyarakat yang terkena musibah puting beliung, mengucapkan terima kasih pada mereka yang sudah rela meluangkan waktu, dan memberikan materi serta pangan.

Kalau dari desanya sendiri, lanjut Dadan, dari pertama kejadian langsung mengadakan rapat sekaligus membentuk tim relawan penanggulangan bencana alam. Ada pun yang dituakan waktu itu adalah Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas sebagai ketua penanggulangan bencana yang ada di Desa Sukamanah ini.

“ Dan alhamdulillah, dengan kerjasamanya semua pihak, baik masyarakat maupun lembaga-lembaga desa, semua ikut membantu memperbaiki rumah-rumah yang kena bencana tersebut,” kata Dadan.

Selain itu, bantuan-bantuan dari masyarakat berupa uang hasil kolektif masyarakat pun ada untuk membantu memperbaiki rumah para korban yang kena bencana tersebut.  ” Ya minimal bisa dihunilah, karena kebanyakan yang kenanya itu hanya atap-atapnya saja,” pungkas Dadan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here