Parapenjaga sekaligus pemungut tiket masuk ke Jangari


Liputan : Shandi/Andri

Cianjur, metropuncaknews.com – Ratusan bahkan hingga ribuan wisatawan dalam dan luar kota Cianjur, padati Wana Wisata Jangari yang terletak di Kecamatan Mande Kabupaten Cianjur, Selasa (1/1).

Kedatangan wisatawan yang berkunjung ke Jangari tersebut, tak lain adalah untuk mengisi liburan pergantian tahun 2018-2019.

Karena keesokan harinya mereka harus kembali beraktivitas. Baik itu sekolah maupun kembali ke dunia kerjanya. Maka  sangatlah wajar, jika  wisatawan yang datang berkunjung ke Jangari, untuk sekedar melepas kejenuhannya dari aktivitasnya yang melelahkan.

Namun amat disayangkan, tidak sedikit wisatawan yang datang mengeluhkan sarana dan prasananya. Seperti keberadaan jalan- jalan yang masih terjal. Penataan ruang rekreasi seperti misalnya taman dan pemukiman warga, sehingga terkesan kumuh. Terlebih di lokasi tersebut kurangnya tempat pembuangan sampah. Sehingga tampak kotor dan tidak terawat. Hal tersebut merupakan PR besar bagi Kabupaten Cianjur melalui dinas terkaitnya.

Untuk melakukan pembenahan lokasi wisata tersebut, jelas tidak terlepas dari hasil pendapatan daerah. Padahal jika benar-benar diperhatikan oleh pemerintah, lokasi wisata tersebut akan menambah Pendapat Asli Daerah (PAD).

Ditemui saat sedang berjaga, Rabu (2/1), Sopidin kepala penjaga pintu masuk wisata Jangari mengatakan, pengunjung yang datang kurang lebih mencapai 1000 pengunjung. Baik dari dalam maupun luar kota. Namun ya itu tadi, fasilitas didalamnya kurang begitu berkesan.

” Kurangnya fasilitas dan pembenahan di kawasan wisata Jangari ini, memang kurang tertata, sehingga dengan keadaan tersebut minat pengunjung yang datang pun berkurang,” kata dia.

Lanjutnya, ia membenarkan hal itu. Karena melihat turunnya reting pengunjung. “ Nah, kebetulan saja hari ini rame, tapi tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang jumlah pengunjungnya bisa mencapai ribuan,” ujarnya.

Sementara  Bhabinkamtibmas Desa Mande dan Bunisari Aiptu Usep Saptari ditemui saat berpatroli di kawasan Jangari memaparkan, kegiatan wisatawan yang berkunjungan ke kawasan wisata Jangari ini, cukup terpantau aman lancar. Tidak ditemukan adanya kejanggalan-kejanggalan, intinya kondusif tidak ada kejadian yang menonjol.

” Yang mendominasi pengunjung ke wisata Jangari ini tiap tahunnya adalah warga Mande, Jonggol dan Cariu. Adapun sebagian wisatawan yang datang dari luar sana, itu tidak terlalu banyak, dan hingga saat ini situasi masih terpantau aman dan lancar,” paparnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here